Serangga Penghisap Darah dan Pembawa Penyakit


Inilah serangga penghisap darah dan beberapa diantaranya membawa penyakit. 




1. NYAMUK
Sebenarnya hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah manusia dan hewan, darah juga bukan digunakan sebagai makanannya tetapi sebagai asupan protein bagi telur - telur yang di bawa nya, sebenarnya nyamuk ini memiliki manfaat positif sebagai serangga yang membantu penyerbukan bunga. 



2. KUTU BUSUK
Kutu busuk merupakan serangga penghisap darah dari keluarga Cimicidae. Serangga ini banyak di temukan pada kasur yang terbuat dari kapuk dan tidak terjaga kebersihannya. Kutu busuk tinggal dan bertelur didalam yang ada lipatan dikasur,  saat ada manusia yang tidur di kasur tersebut serangga ini akan naek ke atas tubuhnya kemudian  menggigit dan menghisap darah manusia tersebut. 



3. KUTU KUCING
Serangga yang memiliki nama latin Ctenocephalides felis ini memang tidak menargetkan manusia sebagai korban utamanya. Meskipun demikian, ia dapat ditularkan dari kucing ke manusia. Serangga ini relatif tidak terlalu berbahaya karena tidak menjadi faktor pembawa penyakit. Biasanya bagian tubuh yang tergigit kutu kucing akan mengalami bentol sehingga terlihat berwarna kemerahan atau kehitaman. 



4. KUTU ANJING 
Serangga ini juga terkadang menyerang manusia, penularannya tentu saja ditularkan oleh anjing. Selain menjadi penghisap darah, kutu anjing juga menjadi faktor beberapa penyakit yang di antaranya adalah Lyme, Colorado tick fever, Rocky mountain spotted fever, dan Q fever. Sehingga bagi anda yang memelihara anjing haruslah berhati - hati agar jangan sampai terserang serangga ini, apalagi sampai tertular penyakit yang dibawanya. 

 

Post a Comment

0 Comments